Oleh: Panggih Raharjo | 17/10/2009

Pesawat Dengan Sumber Energi Hidrogen (Fuel Cell)

fcda-runway

boeing-fuel-cell-plane-630

Pesawat terbang dengan menggunakan sumber energi Batrai Hidrogen berhasil terbang perdana pada 4 April 2008 di Ocana, Spanyol.

Pesawat buatan Boeing Company tersebut mampu terbang dengan membawa 2 orang. Pesawat tersebut memiliki lebar sayap 16 meter (52 ft) dan mampu terbang di atas ketinggian 1000 m. Pesawat ini mempunyai kecepatan sampai 100 km/jam (62 mph) dan dapat terbang hingga 20 menit lamanya.

Daya Hidrogen melibatkan sel bahan bakar dengan menggunakan energi yang dihasilkan dari transformasi hidrogen dan oksigen ke dalam air.

Menurut perusahaan Boeing Company, AS, hidrogen memberikan energi bersih dan sumber daya karena hanya menghasilkan uap air sebagai air limbah.

Baterai hidrogen dapat menjadi sumber utama energi untuk pesawat kecil, menurut Escartl Francisco, direktur pusat riset Boeing di Ocana.

Dengan penggunaan teknologi ini, Boeing mengatakan bahwa mereka bisa menghemat biaya bahan bakar sampai 20% dibandingkan dengan pesawat sejeni yang menggunakan bahan bakar biasa (avtur).

Sumber :

http://www.boeing. com
http://www.flyh2.com


Tinggalkan komentar

Kategori