Oleh: Panggih Raharjo | 23/02/2010

Resep Anti Flu

Saat terjangkit flu, tindakan yang paling mudah Kita lakukan adalah dengan mengonsumsi obat-obatan yang dibeli bebas di apotek. Ada yang berhasil, ada pula yang tidak, sehingga harus berkonsultasi dengan dokter.

Namun, pernahkah Kita mencoba membantu perlawanan Kita terhadap flu dengan menyantap makanan yang mendongkrak imunitas? Hasil penelitian yang dilakukan John La Puma, MD, penulis Chef MD’s Big Book of Culinary Medicine, justru memaparkan beberapa jenis makanan yang lebih efektif dalam menyembuhkan penyakit musiman ini.

1. Produk quercetin: apel, bawang, brokoli, tomat.
Quercetin adalah satu dari ribuan jenis flavonoid, substansi yang memberikan warna pada tanaman, dan memberi manfaat kesehatan. Quercetin dipercaya membantu pencegahan penyakit berkat kandungan antiperadangannya.

2. Sup ayam.
Ini bukan sekadar sugesti. Sup ayam benar-benar memiliki kemampuan menyembuhkan, demikian menurut La Puma. Semangkuk sup mampu mengurangi ingus atau lendir dalam tenggorokan, dan memudahkan untuk mengeluarkannya. La Puma juga mengatakan bahwa sup ayam lebih efektif daripada penggunaan air panas. Untuk mendapatkan manfaat antiperadangan dan kesehatan lainnya, disarankan untuk membuat sup ayam dengan sayuran daripada membeli produk sup kemasan yang dijual di supermarket atau yang hanya dimasak dengan ayam.

3. Antilipemic Tea.
Teh jenis ini kaya dg kalsium, Vitamin A, asam taurine, zat taurine dan unsur mikro seperti tembaga, seng dan selenium; juga mengandung teh hijau yg berfungsi menyegarkan mata, menghilangkan kegelisahan, melancarkan kemih, menguraikan racun dan mengurangi kegemukan.

4. Makanan yang mengandung vitamin D: salmon, tuna, sarden, susu, dan sereal.
La Puma dan para ahli lainnya meyakini bahwa mendapatkan vitamin D dengan cukup dapat memberikan perlindungan terhadap flu babi. Vitamin ini dipercaya menyebabkan produksi substansi antimikroba dalam tubuh.

Di antara berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin D, menurut La Puma salmon adalah sumber terbaiknya. Memanggang salmon dapat menjaga kandungan vitaminnya. Sedangkan memasak jenis ikan berlemak yang terbaik adalah dengan mengukus dan merebusnya, daripada menggoreng dan menumisnya. Menyimpan ikan di dalam minyak (seperti pada sarden) juga memungkinkan kandungan omega-3 dan vitamin D-nya bertahan. Dengan sendirinya, membuang minyak dari ikan kalengan juga akan menghilangkan vitamin D-nya.

5. Rempah pedas, atau buah-buahan dengan vitamin C.
Rempah yang pedas tidak hanya membantu membersihkan sinus, tetapi juga menjadi sumber vitamin C, yang telah terbukti mampu mengurangi terjadinya pneumonia yang diikuti dengan flu. Vitamin memiliki kandungan antivirus dan mendorong produksi antibodi, jelas La Puma. Jika Anda tak tahan pedas, ganti dengan buah-buahan yang diperkaya dengan vitamin C, seperti jambu, jeruk, stroberi, belewah, dan pepaya.

Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.😉


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: