Oleh: Panggih Raharjo | 20/02/2010

10 Pesawat Tercepat Di Dunia

Dibawah ini merupakan kesepuluh pesawat terbang  berawak yang mempunyai kecepatan terbang  supersonik paling cepat, dan diantaranya sebagai berikut :

1. X-15 (NASA Project).

Merupakan pesawat proyek NASA, pesawat ini mempunyai kecepatan terbang sampai 6,70 Mach atau sekitar 2.278 m/s dan mampu terbang sampai pada ketinggian 107.960 m.

2. SR-71 Blackbird.

Pesawat buatan pabrikan Lockheed asal Amerika ini mempunyai kecepatan terbang sampai diatas 3,2 Mach atau setara dengan 1.088 m/s dan mampu terbang sampai pada ketinggian 25.900 m.

3. X-2 (NASA Project).

Pesawat X-2 juga merupakan pesawat proyek penelitian NASA. Pesawat ini mempunyai kecepatan terbang sampai 3,2 Mach.

4. XB-70 Valkyrie.

Pesawat ini merupakan buatan dari North American Aviation, pesawat ini mampu terbang sampai dengan kecepatan 3,1 Mach atau 1.055 m/s. Pesawat ini terbang perdana pada September 1964 dan digunakan untuk sebagai pesawat Bomber (Pengebom). Status pesawat XB-70 saat ini sudah di museumkan dikarenakan biaya perawatan pesawat yang sangat besar.

5. MiG-31 Foxhound.

Pesawat ini merupakan pesawat yang dibuat oleh pabrik pesawat asal Rusia, MiG (Mikoyan-Gurovich). Pesawat ini mampu terbang sampai  pada kecepatan 2,83 Mach atau 962,2 m/s.

6. MiG-25 Foxbat.

Pesawat ini juga satu pabrik dengan MiG-31, dan mempunyai kecepatan sedikit di bawah dengan MiG-31 yaitu sampai dengan 2,80 Mach atau 952 m/s.

7. F-15 Eagle.

Pesawat F-15 merupakan pesawat buatan McDonnell Douglas Company asal Amerika. Pesawat ini mempunyai kecepatan sampai dengan 2,5 Mach atau 850 m/s. Pesawat ini dirancang untuk pertahanan superioritas udara dan pertempuran di udara.

8. F-111 Aardvark.

Pesawat F-111 merupakan pesawat buatan General Dynamics asal Amerika. Pesawat ini mempunyai kecepatan sampai 2,4 Mach. Pesawat F-111 merupakan pesawat dengan Medium-Range (jarak menengah), digunakan sebagai pesawat Pengintai dan Bomber, dan juga bisa digunakan sebagai  pesawat serang taktis.

9. X-1 (NASA Project).

Pesawat X-1 juga merupakan pesawat penelitian buatan NASA, pesawat ini mempunyai kecepatan terbang sampai 2,43 Mach atau 826 m/s.

10. Su-24 Fencer.

Pesawat ini merupakan buatan pabrik pesawat Sukhoi asal Rusia. Pesawat ini mempunyai kecepatan sampai 2,4 Mach atau 816 m/s. Pesawat ini digunakan sebagai pesawat Penyerang dan Bomber pada segala keadaan cuaca.

Seiring perkembangannya, pesawat tempur yang dibuat pada jaman sekarang dirancang bukan terfokus pada kecepatannya. Tetapi melainkan pada sisi aerodinamika pesawat atau bentuk pesawat yang aerodinamis (streamline). Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir drag yang dihasilakn pada saat pesawat terbang dengan kecepatan tinggi. Selain itu, bentuk pesawat yang aerodinamis juga akan memudahkan pesawat untuk melakukan manuver-manuver ektrim di udara pada saat akrobatik maupun pada saat menghindar dari serangan musuh terutama serangan dari Rudal (Peluru Kendali) baik Rudal jarak dekat, menengah, dan Rudal jarak  jauh.

Sumber : www.globalaircraft.org


Responses

  1. gambarya jelek

  2. gambarya ancur

  3. artikel bagus..concorde nggk masuk top ten?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: