Oleh: Panggih Raharjo | 28/01/2010

Tips Memulai Skripsi

Buat yang mau mengerjakan skripsi, sedikit ada pengalaman nih dari saya..

Kalau ingin memulai skripsi, coba baca tulisan ini..mudah2an berGuna buat kita Semuaa…

1. Pilih topik anda lebih awal.

Kalau program sarjana kan biasanya 4 tahun truss idealnya pas kita memasuki semester ke-7, kita udah harus memulai memilah-milah topik skripsi apa yang akan anda kerjakan. Dan pasti kita akan membutuhkan sekitar 4-6 bulan untuk mengerjakannya, mulai dari me-research dan menulis skripsi anda sampai selesai.

2. Pilih topik yang tepat untuk kita.

Pilihlah topik yang menarik minat anda atau topik yang anda kuasai. Ini pasti akan menjadi motivasi tersendiri dalam proses penyelesaian skripsi kita. Topik skripsi bisa kita dapatkan di internet, dari para dosen, dan juga dari temen dekat kita. 🙂

3. Buatlah gambaran awal.

Buatlah  spesifikasi program dan alat yang akan kita gunakan, kerumitan, fasilitas, manfaat dan tujuan dari pengerjaan juga harus diperjelas. Hal ini perlu dilakukan supaya kita bisa memiliki gambaran terhadap apa yang akan kita kerjakan nantinya.

4. Konsultasikan proposal skripsi kita kepada dosen.

Buat proposal skripsi dan segera konsultasikan ke dosen yang terkait atau kepada ketua jurusan. Di sini, kita perlu menjelaskan apa yang akan kita buat di dalam skripsi kita nantinya. Bila proposal kita  diterima, maka ini merupakan langkah awal dalam mengerjakan skripsi kita..🙂

5. Carilah dosen pembimbing yang dapat membantu kita.

Cari dosen pembimbing yang menguasai topik kita, yang dapat memberikan saran, membantu dan membimbing kita (tapi saya akui kenyataannya emang sulit sekali😦 , karena rata-rata semua dosen hanya bisa mengkritik dan bukannya membimbing secara penuh, tapi tetap semangat aja😉 ). Alternatif lain adalah cari teman yang dapat membantu kita, terutama mereka2 yang sudah menyelesaikan Skripsinya dengan benar, dan termasuk Saya😛. Semakin cepat kita menemukannya akan semakin baik, minta saran, masukan, dan pendapat dari mereka2.

6. Kumpulkan referensi2 yang berhubungan dengan skripsi kita.

Mau itu teori ataupun program2 (Software) yang akan membantu pengerjaan skripsi kita, ini akan memudahkan kita dalam mengerjakan skripsi. Referensi bisa juga berupa skripsi-skripsi senior kita yang membahas topik yang satu jalur dengan topik kita.

7. Mulailah mengerjakan Bab1, Bab2 dan Bab 3 secepatnya.

Biasanya di bab1 dan bab 2 adalah Pendahuluan dan Dasar Teori, lalu di Bab 3 adalah Metodologi Penelitian. Nah dari referensi yang telah terkumpul pada poin-6, setidaknya kita bisa terbantu dengan mengambil format skripsi atau teori-teori yang sudah ada. Copy & Paste dehh🙂 Bila kita punya referensi yang tepat, poin ini tidak akan memakan waktu yang lama. Paling lama 1 minggu aja, setelah itu buat Bab 3, rancang metode2 yang ingin kita lakukan pada penelitian kita mulai dari spesifikasi alat uji, software yang akan kita gunakan,  diagram alur penelitian (flowchart) dan analisis perhitungan awal yang digunakan untuk input2 pada penelitian kita nantinya.

8. Kerjakan program / alat uji Skripsi kita.

Ini adalah bagian yang paling sulit dan membutuhkan waktu yang paling lama. Kalau bisa, setelah proposal Skripsi kita diterima, segera kerjakan program2 atau alat uji yang manjadi bahan penelitian skripsi kita. Biasanya hasil penelitian yang telah kita kerjakan nantinya akan masuk di Bab 4 dan hasilnya akan disimpulkan pada Bab 5.

9. Konsultasikan bab per bab dengan dosen pembimbing.

Konsultasikan hasil kerjaan kita kepada dosen pembimbing bab per bab, mulai dari bab 1 sampai bab 5. Jika ada coret-coretan atau perubahan dari pembimbing, ikutilah dan segera perbaiki  jika tidak ingin Skripsi kita di persulit dan cepat selesai.

10. Seminar Dan Sidang Skripsi.

Saran saya sih sangat singkat aja, KUASAI SKRIPSI ANDA bila anda tidak ingin menjadi ‘sasaran tembak’ dalam event tersebut. Pelajari minimal dalam 1 minggu sebelum sidang dari teori sampai isi penelitian yang kita kerjakan, karena yang disidangkan pasti tidak jauh dari apa yang telah kita kerjakan. Bila saatnya tiba, anda harus tampil percaya diri sehingga dosen anda akan mendapatkan image bahwa anda memang bukan mahasiswa sembarangan🙂 Bila kita menguasai poin ini dengan baik, tidak mustahil kita akan mendapat nilai ‘A’ untuk skripsi kita.

Selamat Berjuang Teman😉.


Responses

  1. makasi artikelnya.. cukup membantu, bener2 stuck terus ni skripsi ga jalan2.. huhuuuu. *udah sem9 ceritanya*😥

  2. Terimakasih atas banyak bos atas tips-tipsnya. Pasti banyak membantu seperti saya yg sedang bingung dari mana harus memulainya…

  3. mas punya gambar NACA seri 7 dan 8 g???


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: