Oleh: Panggih Raharjo | 19/10/2009

4 Makanan untuk senyum yang sempurna

smilews4

Setelah rajin menggosok gigi dan flossing, kita butuh trik tambahan untuk memiliki senyum sehat. Trik tambahan itu adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. Dan 4 makanan yang akan mengoptimalkan guratan senyum kita tersebut antara lain adalah :

1. Seledri

seledri

Menurut Lana Rozenberg, D.D.S., dokter gigi holistik dan pendiri Rozenberg Dental Day Spa di New York City, sayuran hijau yang sering kita masukkan ke dalam sup ini memiliki 2 cara dalam menjaga kebersihan gigi kita. Pertama, tekstur seledri yang sulit dikunyah akan memaksa mulut untuk memproduksi saliva atau air liur lebih banyak. Keuntungan yang kita bisa peroleh dari situasi ini adalah netralisir gigi dari bakteri-bakteri yang menyebabkan gigi berlubang dapat direalisasikan. Kedua, tekstur seledri yang kasar juga dapat membantu kita membersihkan plak plus memberikan pijatan alami pada gusi.  Mulailah lindungi gigi dan gusi kita dengan mengkonsumsi satu genggam seledri mentah atau wortel satu kali sehari.

2. Keju

1

Makanan olahan susu yang kaya akan kandungan kalsium dan phosphate serta kandungan karbohidratnya yang rendah ini, ternyata juga baik bagi gigi kita. Keju membantu kita menyeimbangkan pH mulut, dimana “keasaman” tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri dan menyebabkan gigi berlubang. Selain itu, keju juga dapat menjaga serta membentuk email gigi, meningkatkan produksi saliva untuk membunuh bakteri penyebab gigi berlubang dan penyakit gusi. Nikmatilah 3 cm potongan keju setelah makanan malam dibanding makan penutup yang manis.

3. Kiwiimages

Satu buah kiwi saja sudah mengandung lebih dari 100% dari kebutuhan vitamin C harian kita. Kekurangan asupan vitamin C akan membuat gusi kita menjadi lunak sehingga lebih rentan dimasuki bakteri yang dapat menyebabkan penyakt periodontal. Kuatkan gusi kita dengan menambahkan topping potongan kiwi ke dalam sarapan oatmeal setiap pagi.

4. Air Putih

2

Minum air putih yang cukup setiap harinya, ternyata bukan hanya untuk menyelamatkan tubuh dari dehidrasi tapi juga gusi. Dan saat gusi terhidrasi dengan baik maka produksi saliva kita juga jadi maksimal. Biasakan untuk mengkonsumsi air putih 8 gelas setiap hari agar gusi dan tubuh kita tetap terhidrasi dengan baik. Jika kita tidak bisa menggosok gigi setelah makan, berkumurlah dengan air putih. Sebab berkumur dengan air putih adalah langkah terbaik untuk melawan bakteri penyebab plak dan gigi berlubang. Selain itu, berkumur air putih dapat membersihkan sisa-sisa partikel makanan yang dapat membusuk dan menyebabkan bau mulut tak sedap.

Sumber : www.preventionindonesia.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: