Oleh: Panggih Raharjo | 17/10/2009

Tidak boleh bawa air minum ke Pesawat…!!

air-minum-dalam-botol-pet-2

Beberapa pelanggan pelayanan penerbangan cukup kaget sewaktu melewati X-ray di beberapa bandar udara, mereka tidak diperbolehkan membawa minuman dan segala macam cairan lebih dari 100ml. Bahkan seorang penumpang sedang berusaha menghabiskan sebotol selai coklat Nutella karena tidak diijinkan membawanya ke dalam kabin. Apa yang terjadi..?

Pada bulan Agustus 2006, sebuah rencana teroris untuk membuat bom dengan cairan dibongkar oleh petugas keamanan bandara di Inggris pada saat para teroris hendak memasuki pesawat sebagai penumpang. Kemudian pada sekitar bulan Desember 2006, ICAO (International Civil Aviation Organization) mengeluarkan rekomendasi keamanan kepada pengelola bandara untuk mewaspadai terorisme yang menggunakan cairan sebagai sarana aksi terornya.

Cairan yang dicurigai

Semua bentuk cairan termasuk aerosol dan jel (Liquid, Aerosol, Gel, disingkat LAG) dicurigai bisa menjadi bahan peledak. Yang termasuk LAG adalah semua yang termasuk dalam daftar di bawah ini :

  1. Minuman, termasuk air dan jus.
  2. Sup dan saus
  3. Minyak wangi dan deodoran, harap diperhatikan, deodoran cair ataupun dengan campuran padat juga dianggap bahan yang dicurigai.
  4. Krim, balsem, lotion, minyak
  5. Kosmetik seperti mascara dan lipgloss
  6. Pasta, seperti pasta gigi bahkan selai untuk roti juga termasuk.
  7. Sprays dan foam yang bertekanan, seperti hairspray, shaving foam, deodoran yang disemprotkan.
  8. Jel, termasuk jel untuk rambut dan shower gels.
  9. Cairan lensa kontak
  10. Bahan lain yang mirip cairan.

Tapi semua LAG yang disebutkan di atas sebenarnya boleh dibawa dengan syarat-syarat tertentu, yaitu: botol atau kaleng (container) cairan tidak boleh lebih dari 100ml. Jadi jika anda membawa minyak wangi 100ml diperbolehkan. Bagaimana jika kita punya minuman dengan botol berkapasitas 500 ml tapi hanya berisi kurang dari 100ml, jawabannya adalah tidak boleh. Karena container/tempat yang diperbolehkan adalah maksimum 100ml.
Syarat lainnya adalah menempatkan semua cairan yang anda bawa di dalam sebuah plastik transparan yang berukuran maksimum memuat 1 liter. Plastik seperti ini biasanya berukuran sekitar 20 cmx 20 cm atau 15cm x 20 cm.
Perkecualian

Perkecualian dapat diberikan pada penumpang pesawat yang membutuhkan obat-obatan, makanan bayi dan juga penumpang yang membutuhkan makanan khusus bagi diet mereka. Tapi perkecualian ini tidak mudah didapat karena diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk cairan yang dicurigai.
Jika obat atau makanan ini diperlukan, maka tetap diharuskan untuk disimpan dalam tempat sebesar 100ml dan dimasukkan dalam plastik transparan yang disebutkan diatas.

Obat-obatan

Jika obat atau makanan tersebut tidak muat dalam plastik maka petugas akan memeriksa lebih lanjut, mungkin penumpang tersebut harus menerangkan mengapa dia perlu membawa obat tersebut di kabin, seberapa banyak dosis dia harus minum, seberapa sering harus diminum, apakah membahayakan hidupnya jika tidak diminum/dimakan. Mungkin petugas juga akan berkonsultasi dengan dokter di bandara dan menyuruh penumpang tersebut untuk memakan sedikit obatnya.

Obat-obatan cair yang dijual bebas di apotik atau toko obat kemungkinan besar tidak akan diijinkan untuk dibawa ke dalam kabin jika melebihi 100ml.

Cairan yang dibutuhkan untuk keperluan medis seperti darah, atau produk dari darah atau es yang digunakan untuk menjaga temperatur bahan medis diperbolehkan.

Jika penerbangan cukup pendek, misalnya kurang dari 3 jam, maka biasanya obat-obatan ini tidak diperbolehkan masuk ke kabin, jadi anda bisa mengeluarkan obat secukupnya untuk diminum sebelum atau selama penerbangan dan memasukkan/menyimpan botolnya di koper/bagasi check in.

Makanan dan keperluan diet

Makanan cair yang dibolehkan untuk dibawa ke dalam kabin adalah makanan untuk penumpang yang membutuhkannya dan kesehatannya akan terganggu jika tidak memakan makanan khusus tersebut. Tapi ada hal yang juga menjadi pertimbangan, jika misalnya penerbangan hanya memakan waktu 1 jam, maka mungkin makanan tersebut akan dilarang untuk dibawa ke kabin.

Makanan/minuman lain yang boleh dibawa adalah makanan bayi asalkan bayi yang bersangkutan ikut dalam penerbangan tersebut. Tapi kalau jumlahnya terlalu banyak untuk digunakan selama penerbangan, maka mungkin juga akan dilarang. Semua makanan/minuman tersebut juga harus dicoba oleh penumpang yang bersangkutan.

Bukti otentikasi

Meskipun ini mudah dipalsukan, tapi penumpang harus membuktikan obat-obatan cair yang harus dibawa adalah miliknya dengan menunjukkan resep dokter yang mempunyai nama sama dengan nama di boarding pass.

Jika obat tersebut adalah obat tanpa resep dokter, maka petugas akan memeriksa lebih lanjut dan jika cairan tersebut diijinkan maka jumlahnya akan disesuaikan dengan lama penerbangan dan kemungkinan keterlambatan penerbangan.

Untuk makanan dan obat yang dimakan, penumpang mungkin harus merasakan makanan/obatnya, untuk membuktikan kebenaran makanannya. Jika obat yang dibawa bukanlah untuk dimakan, maka penumpang tersebut harus mencobanya di kulitnya karena peledak dengan basis hydrogen peroxide tidak aman buat kulit.

Penumpang tidak diharuskan mencoba obatnya jika dosisnya akan berbahaya atau menolak untuk mencobanya (konsekwensinya obat tersebut harus dimasukkan di bagasi) atau jika obatnya adalah untuk anak-anak, penumpang dewasa tidak diharuskan untuk mencobanya. Jika tanda volume tertulis dalam gram, maka secara umum akan diasumsikan 100gr sama dengan 100ml.

Jika obat yang dicurigai harus dioleskan di kulit, maka petugas harus menunggu minimal 2 menit untuk melihat reaksi obat tersebut pada kulit.

Sumber : www.ilmuterbang.com

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: